5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah

Banyak orang ingin menikah, tetapi hanya sedikit dari mereka yang benar-benar siap. Siap disini bukan hanya soal pasangan atau keuangan, ya! Selain punya pasangan, berikut 5 hal yang harus kamu siapkan sebelum menikah, apa aja?

1. Kenali Pasanganmu dengan Baik

Sebenarnya hal yang satu ini seharusnya sudah diketahui sebelum kamu menikah, bahkan saat kamu masih dalam proses PDKT, kamu seharusnya sudah tahu track record hubungan dari pasanganmu sebelum dia menjalin hubungan denganmu.

Track record disini bukan hanya soal berapa banyak mantan yang dia punya sebelum pacaran denganmu, tapi juga apakah dia pernah berselingkuh atau tidak.

Kedengarannya memang sedikit kasar, tetapi track record ini penting supaya kamu tidak kecewa di kemudian hari. Bayangkan jika ternyata pasangan kamu punya kebiasaan buruk?

Kamu tentu tidak ingin mengalami atau menjadi korban bukan?

2. Kesiapan finansial

Selain track record hubungan yang dimiliki pasangan di masa lalu, hal kedua yang harus sudah siap sebelum menikah adalah kesiapan finansial. Menikah dan membina hubungan pernikahan itu tidak gratis. Bukan hanya soal biaya resepsi, setelah menikah, kamu juga harus memikirkan biaya hidup kalian berdua setelah menikah.

Jika punya anak, secara otomatis biaya hidup akan bertambah, ditambah lagi dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk pendidikan dan kesehatan.

Untuk memastikan kalian berdua sanggup membiayai segalanya, kamu harus tahu berapa gaji pasangan kamu dan sebaliknya. Dengan begitu, kalian setidaknya punya bayangan apakah berapa banyak biaya hidup yang harus kalian keluarkan, dan apakah kalian sanggup untuk memenuhinya.

3. Bagaimana cara kalian menangani masalah

Namanya hidup, tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya masalah. Semakin dewasa, masalah yang kita hadapi akan semakin besar. Apalagi saat kamu sudah menikah, masalah yang muncul akan semakin banyak.

Nah, untuk memastikan kalian berdua siap menghadapi masalah yang akan datang, kamu harus tahu dulu nih bagaimana cara pasangan menangani sebuah masalah yang muncul, begitu juga sebaliknya.

Dari cara kalian menangani masalah, setidaknya kamu punya gambaran bagaimana nantinya kondisi rumah tangga kalian saat ada masalah, dan apakah dia bisa bertanggung jawab atau tidak.

4. Komunikasi

Komunikasi jelas merupakan hal yang penting dalam hubungan. Entah itu, hubungan antar keluarga, pertemanan, pacaran, apalagi dalam hubungan rumah tangga, fungsi komunikasi akan jadi jauh lebih penting.

Sebelum menikah, kamu setidaknya harus tahu apakah komunikasi di antara kalian sudah baik atau masih ada yang harus diperbaiki lagi. Perhatikan bagaimana dia berbicara kepada kamu, bagaimana cara dia merespon sesuatu saat kalian sedang mengobrol, dan bagaimana kalian berkomunikasi saat sedang menghadapi masalah.

5. Kematangan emosi

Kematangan emosi juga jadi hal penting selanjutnya yang sudah harus disiapkan sebelum menikah. Well, setiap orang memang memiliki cara yang berbeda untuk mengekspresikan emosinya, tapi setidaknya kamu harus memastikan dia tidak mengekspresikan emosinya dengan cara yang buruk.

Kamu harus sadar kalau akan ada banyak masalah yang muncul setelah kalian menikah. Masalah tersebut kadang membuat kita terpancing emosi. Bayangkan jika calon suami kamu belum cukup matang emosinya, atau lebih parah, suka kasar dan memukul saat marah. Kehidupan rumah tangga kalian pasti akan terasa seperti neraka

Leave a Comment

Anda belum terdaftar? Silahkan Register terlebih dahulu disini.

copyright mrbaceh.com @2023 | acehmarket.id

Cek Tanggal Pernikahan